Jumat, 27 Desember 2013

Satlan



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

A.
Topik Permasalahan
:
Pengembangan diri melalui konseling.
B.
Bidang Bimbingan
:
Belajar
C.
Jenis Layanan
:
Informasi
D.
Fungsi Layanan
:
Pemahaman
E.
Tujuan Layanan/Hasil yang ingin Dicapai
:
Siswa dapat memahami tentang perlunya pengetahuan tentang pengembangan diri melalui konseling..
F.
Sasaran Layanan
:
Siswa kelas X
G.
Uraian Kegiatan/Materi Layanan
:
  1. Konselor mengecek persiapan siswa
  2. Konselor menjelaskan tujuan pembelajaran
  3. Konselor menyampikan materi tentang Pengembangan diri melalui konseling, antara lain:
a.       Pengertian konseling.
b.      Paradigma, visi, dan misi konseling.
c.       Bidang pelayanan konseling.
d.      Fungsi konseling.
e.       Prinsip, asas, dan jenis layanan konseling.
f.       Kegiatan pendukung dalam konseling.
  1. Diskusi dan Tanya jawab
H.
Strategi Pelayanan
:
Layanan Klasikal
I.
Tempat Penyelenggaraan
:
Ruang kelas
J.
Waktu Pelaksanaan
:

K.
Penyelenggara layanan
:
Konselor sekolah
L
Alat yang Digunakan
:
Spidol dan White Board,
M.
Rencana Penilaian / Tindak Lanjut
:
1.      Penilaian segera (Laiseg):
Siswa dapat memahami tentang pengerian konseling, paradigm, visi, dan misi konseling, jenis layanan konseling, fungsi konseling, Prinsip, asas, dan jenis layanan konseling, serta kegiatan pendukung dalam konseling.
2.      Tindak lanjut kegiatan
siswa yang belum memahami tentang materi yang diberikan dapat ditindak lanjuti dengan layanan bimbingan kelompok.
N.
Keterkaitan Layanan dengan kegiatan pendukung
:
Layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, aplikasi instrumentasi dan himpunan data
O.
Catatan Khusus
:
-



Simbang,………………….201_
Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                                     Konselor Sekolah,   




Drs. Muhtar. M.M                                                                               Ardiansyah, S.Pd
Nip. 19690306 199803 1 011                                                                  Nip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar